Soal Klaim Mahathir atas Kepri, Sekjen PDIP Bereaksi, Ingatkan Operasi Dwikora

Soal Klaim Mahathir atas Kepri, Sekjen PDIP Bereaksi, Ingatkan Operasi Dwikora
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Indonesia saat era Presiden Pertama RI Soekarno pernah meluncurkan operasi Dwikora demi membebaskan negara Asia dari cengkeraman asing. Ilustrasi Aristo Setiawan/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Indonesia saat era Presiden Pertama RI Soekarno pernah meluncurkan operasi Dwikora demi membebaskan negara Asia dari cengkeraman asing.

Adapun, saat operasi itu diluncurkan, Inggris ingin membentuk negara boneka dalam bentuk Federasi Malaysia.

Hasto mengatakan itu saat ditanya tentang klaim mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Mahathir sebelumnya mengeklaim wilayah Singapura dan Kepulauan Riau (Kepri) seharusnya menjadi bagian Malaysia.

"Sebenarnya yang dilakukan Bung Karno ingin membebaskan Asia-Afrika itu dari segala bentuk penjajahan dan dari adanya kepangkalan militer asing," kata Hasto ditemui seusai mengisi materi pembekalan Rakernas II 2021 di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (22/6).

Menurut pria kelahiran Yogyakarta itu, rakyat Malaysia setelah operasi Dwikora mengucapkan terima kasih kepada Indonesia.

Sebab, Jakarta melalui Dwikora mau menggagalkan pembentukan negara boneka Inggris.

"Kemudian terbangunlah nasionalisme dari bangsa Malaysia untuk kemudian mampu berdikari karena Bung Karno," lanjut Hasto.

Hasto PDIP mengingatkan bahwa Bung Karno pernah membebaskan Asia-Afrika dari segala bentuk penjajahan dan dari keberadaan pangkalan militer asing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News