Soal Passing Grade PPPK Guru, Hugua: Mas Nadiem Tidak Berdaya

Soal Passing Grade PPPK Guru, Hugua: Mas Nadiem Tidak Berdaya
Anggota Komisi II DPR RI Hugua meminta guru honorer tidak mendesak Nadiem Makarim menurunkan passing grade. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Hugua menyarankan guru honorer tidak mendesak Mendikbudristek Nadiem Makarim soal passing grade PPPK 2021. 

Sebab, ujar dia, Nadiem bukan satu-satunya penentu utama passing grade PPPK guru 2021.

"Mas Nadiem itu sejatinya tidak berdaya. Passing grade PPPK 2021 itu ranahnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN)," kata Hugua kepada JPNN.com, Senin (20/9).

Walaupun bukan di komisi pendidikan, Hugua mengaku bisa memahami kondisi Nadiem yang terjepit dengan desakan guru honorer peserta tes PPPK 2021 untuk menurunkan passing grade kompetensi teknis. 

Kalaupun Nadiem ingin menurunkan, lanjutnya, tidak bisa serta merta karena harus dibahas dengan panitia seleksi nasional (Panselnas) terutama KemenPAN-RB dan BKN. 

Jadi, Hugua menegaskan, prosesnya begitu panjang dan rumit.

Menurut dia, yang bisa dilakukan adalah memberikan afirmasi khusus bagi guru honorer. 

Indikator utama diukur dari usia dan masa kerja.

Anggota Komisi II DPR RI Hugua meminta guru honorer tidak mendesak Nadiem Makarim menurunkan passing grade karena urusannya KemenPAN-RB dan BKN