Soal Pengganti Anies Baswedan, PSI Sampaikan Sebuah Permintaan Penting

Soal Pengganti Anies Baswedan, PSI Sampaikan Sebuah Permintaan Penting
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/dok: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo berharap masyarakat dapat dilibatkan dalam penentuan nama kandidat Penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan.

Menurutnya, meski waktu penentuan telah menipis, masyarakat sebaiknya dilibatkan memilih pengganti Anies.

“Jika dari Kemendagri tidak ada mekanisme usulan publik, kami harap DPRD bisa menginisiasi ini,” kata Anggara dalam keterangannya, Sabtu (3/9).

Tidak hanya itu, Wakil Ketua Komisi B tersebut mengusulkan DPRD membentuk Panitia Seleksi (Pansel) untuk menentukan nama usulan Pj Gubernur tersebut.

Anggara menyebut DPRD diperbolehkan mengusulkan 3 nama pengganti Anies Baswedan kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Logikanya bisa bandingkan dengan pemilihan pengganti wakil gubernur kemarin sampai dibentuk Pansel tersendiri. Masa untuk jabatan gubernur tidak ada mekanisme rinci?” bebernya.

Anggara optimistis Pansel bisa membantu proses demokratis untuk mendapatkan nama berkualitas pengganti Anies Baswedan.

“Dengan membentuk Pansel bisa dipastikan peran yang proporsional dari setiap partai, bisa ada mekanisme uji kompetensinya. Sampai keluar tiga nama usulan itu juga jelas prosesnya bagaimana,” tuturnya.

Pihak PSI menyampaikan usulan sekaligus permintaan terkait penentuan nama kandidat Penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News