Soal Pengganti Asman Abnur, PPP Pasrah

Soal Pengganti Asman Abnur, PPP Pasrah
Asman Abnur. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (Sekjen PPP) Arsul Sani menyerahkan sepenuhnya pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) Asman Abnur kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja itu menambahkan, partainya tidak pernah menyodorkan nama calon menteri kepada presiden “Kami tidak pernah itu (menyodorkan nama). PPP menyerahkan pada presiden (menunjuk siapa pun),” kata Arsul di gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/8).

Menurut dia, terserah presiden mau menunjuk siapa pun dan dari latar belakang mana pun sebagai menteri.  Dia menegaskan,  apakah pengganti Asman dari partai politik, teknokrat, atau praktisi reformasi birokrasi, itu terserah presiden. Saat dikonfirmasi isu pengganti Asman dari unsur Polri, Arsul memberikan jawaban diplomatis.

“Ya itu terserah presiden. Kalau desas-desus, banyak dari Polri, dari mana, tergantung medianya saja,” ungkap Arsul.

Anggota Komisi III DPR ini mengatakan pihaknya tidak ingin berpendapat seolah-olah kalau dari unsur politisi tidak profesional. Bahkan, sebaliknya profesional tidak memiliki sikap politik.

“Tidak begitu juga. Banyak juga orang profesional yang berada di partai politik,” kata Arsul.

Sebelumnya diberitakan, Asman Abnur dikabarkan menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai MenPAN dan RB kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan, sudah berkomunikasi dengan Asman hari ini. Menurut Viva, Asman menyatakan sudah memohon izin mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Jokowi. Alasannya, kata dia, Asman tidak mau  membebani pemerintah ini karena secara politik PAN berbeda pilihan dengan koalisi Jokowi.

Saat dikonfirmasi isu pengganti Asman Abnur apakah dari unsur Polri, Arsul memberikan jawaban diplomatis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News