Soal Revitalisasi Taman Tebet Menuai Kritik, Begini Saran Ahli

Soal Revitalisasi Taman Tebet Menuai Kritik, Begini Saran Ahli
Pakar Tata Kota dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sedang melakukan revitalisasi Taman Tebet di Jakarta Selatan menjadi Tebet Eco Garden.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo menjelaskan revitalisasi taman ini termasuk melakukan naturalisasi sungai.

Kemudian pembangunan jembatan penghubung, area bermain anak, community garden dan thematic garden.

Terkait rencana revitalisasi Taman Tebet, warga yang tinggal di sekitar taman berharap agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam merevitalisasi Taman turut membangun infrastruktur penunjang seperti sarana untuk aktivitas olahraga.

“Bagusnya taman ini (Taman Tebet) komplit. Ada taman main anak-anak, buat olahraga juga, kan hobi orang olahraga macam-macam, misalkan lapangan untuk main futsal, basket, badminton dan lainnya,” ungkap Andi, Warga Rusun Tebet, Kamis (2/9/2021).

Selain itu, Andi juga meminta untuk memperhatikan sungai yang terdapat di dalam taman untuk mengelola, menjaga kebersihan aliran sungai agar tidak kotor dan bau sehingga dapat mengganggu kenyamanan warga yang beraktivitas didalam taman.

“Sungai yang ada di dalam taman juga perlu diperhatikan oleh Pemda supaya bersih dan tidak menimbulkan bau yang mengganggu,” ungkapnya.

Selain merevitalisasi taman, Pemda DKI Jakarta juga akan melakukan naturalisasi terhadap sungai sepanjang taman dengan pelebaran dan perubahan profil tanggul agar bisa jadi kolam retensi saat hujan.

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sedang melakukan revitalisasi Taman Tebet di Jakarta Selatan menjadi Tebet Eco Garden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News