Soal Setoran Rp 1 Juta per Bulan dari Kades Selok Awar-awar, Ini Jawaban Mantan Kapolsek

Soal Setoran Rp 1 Juta per Bulan dari Kades Selok Awar-awar, Ini Jawaban Mantan Kapolsek
Tiga polisi kembali menjalani sidang disiplin di Markas Polda Jawa Timur di Surabaya kemarin. Mereka adalah Ajun Komisaris Polisi Sudarminto (mantan Kepala Polsek Pasirian), Ajun Inspektur Polisi Dua Sigit Purnomo (anggota Badan Pembinaan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Polsek Pasirian), dan Inspektur Polisi Dua Samsul Hadi (Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Pasirian). Foto: Dite Surendra/Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA - Mantan Kapolsek Pasirian AKP Sudarminto, Kanitreskrim Polsek Pasirian Ipda Samsul Hadi, dan anggota Babinkamtibmas Aipda Sigit Purnomo, tidak bisa mengelak lagi dari tudingan Kades Selok Awar-Awar, Pasirian, Lumajang, Hariyono tentang aliran dana.

Hanya, mereka berdalih duit yang diterima bukan sogokan. Melainkan uang bensin dan sumbangan untuk peringatan HUT Bhayangkara.

Dalil tersebut disampaikan tiga anggota Polsek Pasirian itu dalam sidang disiplin di Mapolda Jatim kemarin (15/10).

Dalam sidang tersebut, tiga polisi itu ditanya secara bergantian oleh hakim, penuntut, dan pendamping terperiksa tentang aliran uang sebagaimana pengakuan Hariyono dalam sidang sebelumnya. Seperti diprediksi sebelumnya, ketiganya membantah tuduhan tersebut.

Misalnya, pertanyaan penuntut kepada AKP Sudarminto yang mencatatnya telah menerima setoran Rp 1 juta setiap bulan dan sudah berlangsung tujuh kali. Polisi dengan tiga balok di pundak itu paling keras membantah tuduhan tersebut. "Tidak benar," ucapnya dengan setengah berteriak.

Meski begitu, dia membenarkan telah menerima uang dari Hariyono sebesar Rp 1 juta. Uang itu disebut sebagai bantuan untuk biaya selamatan peringatan HUT Bhayangkara pada 1 Juli 2015.

Menurut dia, uang itu dititipkan kepada Aipda Sigit selaku anggota babinkamtibmas di wilayah tersebut. Dia buru-buru melanjutkan keterangan bahwa bantuan itu tidak hanya berasal dari Hariyono. Tapi, juga Kades-Kades lain yang menyumbang untuk selamatan.

Selain itu, Sudarminto mengaku pernah menerima setoran dari Hariyono yang disebut sebagai uang bensin. Uang itu diterima dua sampai tiga kali. Besarannya terkadang Rp 200 ribu, Rp 300 ribu, hingga Rp 400 ribu.

SURABAYA - Mantan Kapolsek Pasirian AKP Sudarminto, Kanitreskrim Polsek Pasirian Ipda Samsul Hadi, dan anggota Babinkamtibmas Aipda Sigit Purnomo,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News