Soal Status Ferdy Sambo sebagai Kasatgassus Polri, Kompolnas Buka Suara

Soal Status Ferdy Sambo sebagai Kasatgassus Polri, Kompolnas Buka Suara
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti. Ilustrasi. Foto: ANTARA/Evarukdijati

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) angkat bicara soal aspirasi masyarakat yang meminta Irjen Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatan Kepala Satgas Khusus (Kasatgassus) Polri.

Kompolnas mengatakan untuk memastikan mengenai status jabatan lain Kadiv Propam nonaktif tersebut pihaknya akan meminta klarifikasi kepala Polri.

"Kami akan kroscek dulu ke Polri apakah Pak Ferdy Sambo masih menjabat Kasatgassus atau tidak," kata anggota Kompolnas Poengky Indarti saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Kompolnas masuk dalam jajaran tim khusus (Timsus) yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam mengungkap peristiwa polisi tembak polisi di rumah Irjen Pol. Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Menurut Poengky, meski berada di dalam timsus, posisi Kompolnas tetap berada di luar sebagai pengawas eksternal yang mengawasi penanganan kasus tersebut.

Sebagai pengawas eksternal Polri, Kompolnas mengetahui dan memahami desakan publik terkait objektivitas Polri dalam mengungkap kasus tersebut. Termasuk desakan meminta Irjen Pol. Ferdy Sambo untuk dinonaktifkan dari jabatan sebagai Kepala Satgassus Polri.

"Kami tahu desakan publik, tetapi kami juga perlu klarifikasi ke Polri terkait masih menjabat atau sudah tidak lagi menjabatnya Pak Ferdy sebagai Kasatgassus. Sehingga harus dipastikan melalui klarifikasi," ujarnya.

Namun Kompolnas sependapat dengan masyarakat agar Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatan sebagai Kepala Satgassus Polri untuk memperlancar proses penyidikan.

"Seyogyanya untuk memperlancar proses penyidikan memang perlu nonaktif untuk semua jabatan, untuk mencegah kemungkinan konflik kepentingan," kata Poengky.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) angkat bicara soal aspirasi masyarakat yang meminta Irjen Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatan Kasatgassus Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News