Solar Panel Bisa Atasi Krisis Listrik

Solar Panel Bisa Atasi Krisis Listrik
Solar Panel Bisa Atasi Krisis Listrik
JAKARTA—Para pelaku industri di Indonesia membutuhkan dukungan dari pemerintah dalam memasuki Asean China Free Trade Agreement (ACFTA), mengingat kondisi kualitas infrastruktur di Indonesia masih sangat kurang.

“Sebenarnya yang dimaksud adalah bukan jumlahnya, melainkan kualitasnya yang kurang memadai. Bagaimanapun, kualitasnya harus ditingkatkan,” ungkap Ketua Komite Industri Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Gunadi Sindhuwinata di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (4/2).

Dicontohkan, salah satu penghambat dalam proses industri adalah listrik. Menurutnya, masalah infrastruktur listrik ini harus segera diselesaikan. Gunadi pun mengusulkan bahwa salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan solar panel, yang juga dilakukan oleh negara lain.

“Hal ini tentunya juga akan mampu  untuk mengurangi beban pemerintah dalam menanggung masalah listrik,” paparnya. Dikatakan, penggunaan solar panel ini adalah sebagai solusi energi alternatif dan menghemat biaya. “Sebut saja Cina dan Jepang, swasta diberi subsidi untuk membeli solar cell,” tukasnya.

JAKARTA—Para pelaku industri di Indonesia membutuhkan dukungan dari pemerintah dalam memasuki Asean China Free Trade Agreement (ACFTA), mengingat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News