Pray for Sulteng

Solidkan Relawan demi Bantu Korban, Hindari Pemolitikan

Solidkan Relawan demi Bantu Korban, Hindari Pemolitikan
Presiden Joko Widodo dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat menghadiri acara Berkabung & Doa Bersama untuk Sulteng di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (30/9). Foto: Publicist PDIP for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (TKN Jokowi - Ma’ruf) terus melakukan konsolidasi organ relawan untuk aksi kemanusiaan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Hasto Kristiyanto selaku sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf mengatakan, konsolidasi diperlukan demi efektivitas penyaluran bantuan.

“TKN akan segera mengonsolidasikan upaya bersama agar bantuan kemanusiaan itu dapat dilakukan secara efektif,” kata Hasto, Senin (1/10).

Menurut Hasto, para relawan telah melakukan berbagai aktivitas setelah bencana terjadi. Misalnya, ada yang membuka posko seadanya untuk penanganan wilayah terdampak bencana, terutama Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Selain itu, beberapa kelompok relawan dari luar Sulteng terutama Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara juga sedang menuju Kota Palu. Sedangkan di Jakarta, kelompok-kelompok relawan sudah mulai melakukan upaya pengumpulan bantuan untuk dikirimkan kepada para korban.

Hasto menambahkan, TKN Jokowi - Ma’ruf juga Rumah Aspirasi Rakyat di Jalan Proklamasi 46, Jakarta Pusat, sebagai pusat pengumpulan bantuan. Saat ini prioritas bantuan adalah bahan makanan, pakaian, obat-obatan, makanan ibu hamil dan anak-anak, dan selimut.

“Tim akan lebih memprioritaskan bantuan kepada kebutuhan anak-anak dan perempuan serta lansia,” ujarnya.

TKN Jokowi - Ma’ruf sudah memberangkatkan para relawan kemanusiaan untuk  penyaluran bantuan, tim medis untuk membantu perawatan dan konseling pascabencana. Mereka dalam perjalanan ke lokasi bencana.

Selain itu, Hasto juga menyampaikan apresiasinya atas respons cepat Presiden Jokowi dan kabinetnya serta aparat terkait penanganan bencana ini. “Duka di Sulawesi Tengah adalah duka kita semua. Sudah selayaknya semua elite bangsa bergandengan tangan menolong korban,” katanya.

Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma'ruf terus mengonsolidasikan relawan demi melakukan aksi kemanusiaan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Sulteng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News