Senin, 23 Juli 2018 – 01:03 WIB

Solo Ekspres Layani Rute Solo Balapan-Kutoarjo, Ini Tarifnya

Jumat, 18 Mei 2018 – 11:33 WIB
Solo Ekspres Layani Rute Solo Balapan-Kutoarjo, Ini Tarifnya - JPNN.COM

jpnn.com, SOLO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan KA Solo Ekspres yang melayani rute Solo Balapan - Kutoarjo, Kamis (17/5). Layanan baru itu menjanjikan kecepatan dan kenyamanan lebih bagus ketimbang KA Prambanan Ekspres (Prameks).

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo saat peluncuran KA Solo Ekspres memberikan apresiasi penuh atas layanan terbaru PT KAI itu. Sebab, untuk menuju Solo sudah ada layanan kereta langsung dari Kutoarjo dan Yogyakarta.

”Dengan naik kereta masyarakat bisa lebih nyaman. Mudah-mudahan nanti tidak hanya satu kereta ini saja, namun ada pula kereta-kereta lainnya yang bisa dioperasikan. Dengan begitu dapat mendongkrak kunjungan ke Kota Solo,” ujar Rudyatmo usai melepas KA Solo Ekspres di Stasiun Solo Balapan.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri yang juga hadir dalam peresmian tersebut juga berharap kehadiran Solo Ekspres sebagai cikal bakal kereta api bandara bisa menjadi solusi pemecah kepadatan jalur Solo-Jogja. Terlebih, KA Solo Ekspres menawarkan berbagai fasilitas.

”Perjalanan kurang lebih selama dua jam untuk Solo-Kutoarjo dan sebaliknya. Penumpang juga mendapatkan fasilitas berbeda dengan penumpang Prameks. Selain AC, ada pendingin udara, TV, USB port, dan toilet. KA ini juga mengakomodasi penumpang berkebutuhan khusus dengan menyediakan area untuk penumpang berkursi roda di kereta,” tuturnya.

Untuk harga tiket selama empat hari pertama sejak diresmikan, penumpang akan digratiskan. Namun, selanjutnya akan dikenakan tarif promo sebesar Rp 40 ribu untuk tujuan Solo-Kutoarjo, Rp 30 ribu untuk Solo-Jogja, dan Jogja-Kutoarjo Rp 30 ribu.

Namun, ketika memasuki masa angkutan Lebaran, tarifnya akan berbeda. Pada masa angkutan Lebaran khususnya 5-26 Juni mendatang, tarif yang dikenakan Rp 60 ribu untuk Solo-Kutoarjo dan Rp 45 ribu untuk Solo-Jogja maupun Yogyakarta-Kutoarjo.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar