Solokan Jeruk Bandung Kembali Dilanda Banjir Bandang

Solokan Jeruk Bandung Kembali Dilanda Banjir Bandang
Banjir bandang kembali terjadi di Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/6). Foto: ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bandung

jpnn.com, BANDUNG - Akibat debit sungai meningkat karena hujan deras, Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dilanda banjir bandang, Jumat (11/6).

Banjir ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya terjadi pada Selasa (1/6) lalu.

"Jadi yang kemarin ditanggulangi dengan tanggul sementara dari karung itu jebol lagi, Karungnya enggak kuat karena debit airnya lebih kencang," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung Hendra Hidayat, Jumat malam.

Menurut Hendra, hujan terjadi sejak sore hari dengan intensitas tinggi. Adapun dia memastikan tim sukarelawan setempat telah mengantisipasi sejak hujan deras mulai turun.

"Penjaga balai sudah bilang hati-hati, dalam dua jam kedepan katanya, sudah diberitahukan hati-hati, karena debit air sudah mulai besar," kata dia.

Sehingga menurutnya warga sudah lebih tanggap dengan menyelamatkan dirinya masing-masing dengan mengosongkan pemukiman yang sebelumnya juga diterjang banjir bandang.

"Tim BPBD sudah asesment, karena memang kemarin sudah ditetapkan sebagai status tanggap darurat di daerah situ," kata Hendra.

Sebelumnya peristiwa banjir bandang itu terjadi pada Selasa (1/6) lalu. Dalam peristiwa tersebut ada sebanyak 500 rumah yang terdampak, dua rumah di antaranya mengalami rusak berat, 29 rusak sedang, dan sisanya rusak ringan. (antara/jpnn)

Banjir bandang di Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, sebelumnya terjadi pada Selasa (1/6) lalu.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News