Solusi Hamil di Atas 35 Tahun

Solusi Hamil di Atas 35 Tahun
Hamil. Foto: Health

jpnn.com - Berbagai penelitian menyebutkan bahwa 20-35 tahun merupakan rentang ideal bagi seorang wanita untuk hamil.

Ini karena di usia tersebut wanita sudah siap secara psikologis untuk menjadi seorang ibu, dan tubuhnya dalam kondisi prima untuk menjadi tempat janin bertumbuh.

Meski begitu, tak sedikit wanita yang lebih memilih untuk hamil saat usianya sudah di atas 35 tahun. Namun, hamil di atas 35 tahun memiliki banyak risiko yang tetkait dengan kondisi calon bayi dan juga ibu yang mengandung.

Namun tak perlu khawatir berlebihan, jika Anda berencana hamil di atas usia 35 tahun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menurunkan risikonya.

1. Sebelum hamil.

Saat merencanakan kehamilan di atas 35 tahun, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi rahim dan indung telur Anda.

Selain itu, biasakan juga untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein, berolahraga dengan teratur, menghindari rokok dan paparan asapnya, tidak minum alkohol, serta menurunkan berat badan ke rentang ideal.

Yang tak kalah penting adalah mengonsumsi 0,4 mg asam folat setiap hari, setidaknya sejak satu bulan sebelum hamil.

Tak perlu khawatir berlebihan, jika Anda berencana hamil di atas usia 35 tahun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menurunkan risikonya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News