Somchai Rencanakan Minta Saran Raja Bhumibol Adulyajej

Somchai Rencanakan Minta Saran Raja Bhumibol Adulyajej
Somchai Rencanakan Minta Saran Raja Bhumibol Adulyajej
BANGKOK - Militer Thailand sudah satu kata dengan demonstran anti-pemerintah: Perdana Menteri (PM) Somchai Wongsawat harus mundur. Karena itu, adik ipar mantan PM Thaksin Shinwatra tersebut tidak punya pilihan lain kecuali berusaha ''berlindung" kepada Raja Bhumibol Adulyajej.

Kemarin (1/12), Somchai mengungkapkan rencana untuk meminta nasihat raja. Sebagaimana dilaporkan Bangkok Post, politikus Partai Kekuatan Rakyat itu berharap langkahnya tersebut bakal menjadi senjata ampuh untuk mengakhiri prahara politik yang tengah menghantam Negeri Gajah Putih tersebut. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum dipastikan kapan rencana kunjungan Somchai ke istana itu direalisasikan.

Sebelumnya, analis politik independen Sulak Siwarak juga sudah menyarankan hal serupa kepada Somchai. Sulak yakin, sang raja bisa memberikan solusi. Apalagi, tingkat kepatuhan warga Thailand kepada kerajaan sangat tinggi.

Sejauh ini, kerajaan secara tersirat justru memberikan dukungan kepada kelompok demonstran anti-pemerintah yang tergabung dalam Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD). Itu terbukti dari bantuan dana yang diberikan permaisuri raja, Ratu Sirikit, kepada para demonstran yang menjadi korban ledakan bom pada Oktober lalu.

BANGKOK - Militer Thailand sudah satu kata dengan demonstran anti-pemerintah: Perdana Menteri (PM) Somchai Wongsawat harus mundur. Karena itu, adik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News