Son Heung-min jadi Andalan Tottenham Menjamu Dortmund

Son Heung-min jadi Andalan Tottenham Menjamu Dortmund
Son Heung-min (tengah) merayakan gol. Foto: Sky Sports

jpnn.com, LONDON - Peran Son Heung-min di Tottenham Hotspur semakin terasa. Sejak dua pemain lini serang Spurs, Harry Kane (cedera otot engkel kiri) dan Dele Alli (hamstring kiri) absen, Son menjadi andalan.

Spurs membeli Son Heung-min dari Bayer Leverkusen seharga GBP 22 juta (Rp 397,83 miliar) pada musim panas 2015. Harga transfer itu menjadikan Sonny, sapaan Son Heung-min, pemain termahal Asia.

Media-media Inggris mencibir transfer. Mayoritas menyebut kedatangan Sonny adalah strategi bisnis. Sonny jadi pintu masuk Spurs merangkul basis fans di Asia. Kebetulan saat itu asuransi Asia Pasifik AIA adalah sponsor Spurs.

Tudingan itu terpatahkan seiring berjalannya waktu. Pada musim keempatnya di Premier League, peran Sonny tak ecek-ecek bagi The Lilywhites.

Wide attacker itu pun menjadi andalan Spurs pada leg pertama 16 besar Liga Champions menghadapi Borussia Dortmund di Stadion Wembley, Kamis (14/2) dini hari.

Ya, saat Spurs butuh tambahan tenaga di lini depan Sonny sudah menyelesaikan tugasnya bersama timnas. Setelah Korsel kalah di tangan Qatar di perempat final Piala Asia 2019 (25/1), pemain 26 tahun itu langsung kembali ke London.

Dan memang sejak kehilangan Kane dan Alli, Sonny menjadi top skor Spurs. Dalam lima laga terakhir Spurs tanpa Kane dan Alli maka Sonny menjadi top skor Spurs dengan tiga golnya. Paling krusial ketika mengantarkan Spurs menang 1-0 atas Newcastle (2/2) di Stadion Wembley.

“Kerja keras, kengototan, selalu menekan adalah hal yang kita lihat ketika dia (Sonny, red.) bermain. Dia akan terus mencoba, mencoba, mencoba, dan mencoba,” kata pelatih Spurs Pochettino kepada Independent. “Baik dengan bola atau tidak dia akan selalu berlari. Dan itu yang terpenting,” tambah eks pelatih Espanyol dan Southampton itu.

Son Heung-min menjadi asa Tottenham Hotspur menggedor pertahanan Borussia Dortmund di Wembley, Kamis (14/2) mulai pukul 03.00 WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News