Sopir Angkot dan Sekuriti Alih Profesi jadi Bandit Pengganjal Mesin ATM

Sopir Angkot dan Sekuriti Alih Profesi jadi Bandit Pengganjal Mesin ATM
Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menunjukkan cara kerja pelaku saat menggasak uang di ATM. Foto: Antara

jpnn.com, TANGERANG - Y (30) dan J (35) berjalan dengan terpincang-pincang. Kaki kedua bandit ini ditembak aparat Polresta Tangerang karena berupaya melawan petugas.

Keduanya merupakan pelaku kejahatan dengan modus mengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) untuk menguras uang nasabah.

"Tersangka Y merupakan sopir angkutan kota dan J adalah petugas pengamanan salah satu perusahaan di Tangerang," kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Rabu (8/4).

Ade Ary mengatakan, upaya tersebut merupakan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki karena sebelumnya sudah diberikan peringatan.

Namun kedua tersangka merupakan spesialis pencurian uang di mesin ATM dengan cara menganjal dengan tusuk gigi.

Menurut dia setiap kali beraksi dapat mengurus isi ATM milik korban sebesar Rp700.000 sampai Rp14 juta.

Mantan Kapolres Pontianak itu menambahkan, kedua tersangka sudah beraksi sejak awal tahun 2019 dan akhirnya tertangkap pada sebuah mesin ATM di kawasan pertokoan Citra Raya, Kecamatan Panongan.

Sedangkan tersangka J berperan ikut antre di belakang calon korban di dalam ruang pengambilan ATM dan Y menyiapkan peralatan seperti tusuk gigi, cotton bud (pembersih telingga) dan gergaji besi.

Polresta Tangerang menangkap dua pelaku kejahatan dengan modus mengganjal mesin ATM untuk menguras uang nasabah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News