Sopir Bus Kesetanan, 19 Nyawa Melayang

Sopir Bus Kesetanan, 19 Nyawa Melayang
Pemadam kebakaran berusaha mengeluarkan penumpang dari dalam bus nahas yang mengalami kecelakaan di Hong Kong, Sabtu (10/2). Foto: AFP

jpnn.com, HONG KONG - Semuanya berawal dari telat. Gara-gara terlambat menjemput penumpang di arena pacuan kuda Sha Tin, East New Territories, Hongkong, sopir bus tingkat milik Kowloon Motor Bus Co ngebut. Sedikit pun dia tak mengurangi gasnya. Bahkan saat melewati tikungan sekali pun. Bus lantas terguling, 19 penumpang tewas.

’’Sopir bus seperti kesetanan. Sejak awal, bus melaju dengan kencang sampai kecelakaan terjadi,’’ kata Lee Ho-sang, salah seorang penumpang bus yang selamat, kepada South China Morning Post, Sabtu (10/2).

Karena kelalaian sopir, bus rute 872 itu terguling. Para penumpang terlempar ke kanan dan ke kiri serta saling tumpang-tindih. Bagaikan pakaian di dalam mesin cuci.

Lee yang baru saja selesai menonton pacuan kuda bersama sang ayah sempat berusaha memecahkan kaca bus. Tapi, dia sulit menemukan martil.

Maka, bersama beberapa penumpang lain yang sadar, dia mendorong pintu darurat. Setelah berkali-kali mencoba, pintu darurat akhirnya terbuka dan para penumpang bisa keluar dari sana. Untung, bantuan datang tak lama kemudian.

Pasukan pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung merobek atap bus dan mengeluarkan para penumpang yang terluka dari sana. Mereka yang meninggal lantas diletakkan di jalanan dan ditutupi kertas.

’’Total, 19 orang meninggal. Sebanyak 60 lainnya terluka,’’ kata seorang polisi yang terlibat dalam olah TKP sebagaimana dilansir Associated Press kemarin (11/2).

Polisi langsung mengamankan sopir bus maut yang tidak disebutkan namanya itu. Pria 30 tahun tersebut diinterogasi di kantor polisi. Sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa Kowloon Motor Bus Co memberlakukan jam kerja yang terlalu banyak kepada para sopirnya.

Gara-gara terlambat menjemput penumpang, sopir Kowloon Motor Bus nekat melaju kencang bak kesetanan. Bus lantas terguling, 19 penumpang tewas.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News