Sore Ini Gerhana Matahari Cincin

Sore Ini Gerhana Matahari Cincin
Sore Ini Gerhana Matahari Cincin
MAKASSAR - Hari ini, sebagian wilayah Indonesia disuguhi fenomena langka berupa gerhana matahari cincin. Meski tidak seluruh tahapan, peristiwa kali ini dapat disaksikan dari wilayah Indonesia menjelang matahari terbenam.

Daerah yang dapat menyaksikan gerhana cincin secara penuh adalah Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah. Adapun wilayah-wilayah lain seperti Jakarta, Surabaya, dan Denpasar, hanya dapat melihat gerhana matahari sebagian dengan penutupan piringan matahari lebih dari 50 persen.

Hanya wilayah Papua tidak kebagian gerhana karena saat berlangsung, matahari di wilayah paling timur itu sudah tenggelam. Gerhana matahari cincin juga dapat diamati di sejumlah negara, seperti negara-negara di bagian selatan Afrika, Madagaskar, India bagian tenggara, Australia kecuali Tasmania, serta negara-negara Asia Tenggara.

Menurut Thomas Djamaluddin, peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) gerhana terjadi mulai pukul 15.20-17.50 WIB. "Untuk daerah-daerah lain di Indonesia, waktu gerhana sekitar waktu itu plus-minus 10 menit, yang dapat disaksikan 1-6 menit," jelasnya.

MAKASSAR - Hari ini, sebagian wilayah Indonesia disuguhi fenomena langka berupa gerhana matahari cincin. Meski tidak seluruh tahapan, peristiwa kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News