Sori, Kini Anak Buah Bu Mega Ingin KY Awasi MK

Sori, Kini Anak Buah Bu Mega Ingin KY Awasi MK
Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan meralat ucapannya dua tahun lalu yang menolak gagasan tentang perlunya Komisi Yudisial (KY) mengawasi hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Perubahan sikap politikus berlatar pengacara itu didasari dugaan suap yang menjerat hakim MK Patrialis Akbar.

"Saat ini saya berpendapat wajib hukumnya (pengawasan atas hakim MK, red). Sebagai affirmative action bisa dilakukan oleh Komisi Yudisial dan badan ad hoc yang berada di luar MK. langkah ini harus diambil sebagai upaya darurat untuk memulihkan kepercayaam publik terhadap MK," kata Arteria di Jakarta, Minggu (29/1).

Anggota Komisi II DPR itu menambahkan, pemerintah harus segera mengusulkan revisi UU MK. Tujuannya adalah penguatan pengawasan terhadap MK.

Namun, katanya, hal yang mendesak saat ini adalah mencari hakim MK pengganti Patrialis. Pemerintah harus segera mencari hakim pengganti Patrialis melalui mekanisme rekrutmen yang transparan dan diterima secara moral ataupun etika oleh publik. 

Selanjutnya, pemerintah dan DPR dalam revisi UU MK merumuskan desain rekrutmen hakim konstitusi yang transparan, akuntabel dan berbasis sistem merit dan integritas. Sebab, pola rekrutmen tiga hakim MK jatah pemerintah saat ini terkesan tertutup.

"Mahkamah Agung juga seperti itu. Justru calon yang diusulkan oleh DPR yang dalam praktiknya lebih tidak bermasalah, karena prosesnya lebih terbuka dan melibatkan publik," tambah anak buah Megawati Soekarnoputri di PDIP itu.(fat/jpnn)


Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan meralat ucapannya dua tahun lalu yang menolak gagasan tentang perlunya Komisi Yudisial (KY) mengawasi hakim


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News