Soroti Perundungan di Lingkungan Pendidikan, LaNyalla: Harus Ada Solusi Sistemik

Soroti Perundungan di Lingkungan Pendidikan, LaNyalla: Harus Ada Solusi Sistemik
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pihak terkait harus segera mencarikan solusi yang sistemik untuk mengatasi darurat pelajar pelaku kekerasan. Foto: Dok Tim Media LaNyalla

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyoroti maraknya aksi kekerasan yang dilakukan pelajar sekolah tingkat pertama dan akhir dalam bentuk tawuran dan perundungan terhadap teman.

Dia mendesak pihak terkait harus segera mencarikan solusi yang sistemik. Penyebabnya, aksi kekerasan tersebut sudah pada tingkat berpotensi mengancam hilangnya nyawa atau luka permanen dan serius.

Terbaru adalah kasus perundungan yang dilakukan pelajar SMP Negeri 2 Cimanggu, Cilacap, terhadap teman sekolahnya.

“Jaman saya dahulu sekolah juga ada perkelahian antarsiswa, atau tawuran antarsekolah. Namun, tidak seperti sekarang, tawuran bawa pedang, parang dan celurit. Perkelahian jaman dahulu juga dalam taraf wajar, setelah teman jatuh, ya sudah. Sekarang kita lihat, temannya sudah tak berdaya, masih dihajar, diinjak, ditendang. Ini kan mengancam nyawa dan cedera serius,” tukas LaNyalla, Jumat (29/9/2023).

LaNyalla mengatakan untuk menemukan solusi yang sistemik, semua aspek perubahan perilaku siswa atau pelajar harus ditinjau secara komprehensif. Aspek lingkungan, mulai dari rumah dan tempat main (komunitas) anak.

Aspek dan jenis informasi yang diakses anak melalui media sosial. Aspek lingkungan di sekolah, kepekaan para guru, terutama guru BP. Regulasi sekolah terkait rewards dan punishment yang tepat.

“Dan kasus-kasus yang ada, semua bermuara kepada menurunkan etika, moral dan budi pekerti anak didik kita. Ini yang berbahaya bagi masa depan bangsa. Karena kalau budi pekerti sudah menurun, dan moral generasi rusak, akan mudah terjerumus ke kerusakan lainnya, terutama narkoba, kriminalitas dan penyakit sosial lainnya. Ini pada jangka panjang akan menjadi beban dan ancaman bagi negara,” urai LaNyalla.

Padahal, lanjut senator asal Jatim tersebut, Indonesia akan menghadapi ledakan populasi jumlah penduduk usia muda (produktif) mulai dari tahun 2030 mendatang, hingga puncaknya di tahun 2045, dengan komposisi hampir 70 persen penduduk Indonesia adalah mereka yang berada di level usia produktif.

Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti menyoroti maraknya aksi kekerasan yang dilakukan pelajar sekolah tingkat pertama dan akhir dalam bentuk tawuran dan perundungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News