Sosialisasi Literasi Digital Lewat Safari Ramadan, Asyik Juga

Sosialisasi Literasi Digital Lewat Safari Ramadan, Asyik Juga
Kemenkominfo berkolaborasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar sosialisasi literasi digital melalui kegiatan safari Ramadan. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar sosialisasi literasi digital melalui kegiatan safari Ramadan.

Kegiatan pada Sabtu (15/4) ini diikuti 800 peserta yang merupakan nasabah Bank Wakaf Mikro (BWM).

Rektor UNU Dr. Baiq Mulianah memberikan apresiasi atas kolaborasi yang telah terselenggara antara UNU dengan Kemenkominfo dan OJK dalam memberikan edukasi mengenai literasi digital serta keuangan digital bagi para nasabah BWM.

Baiq Mulianah juga turut menyampaikan mengenai prinsip dasar ekonomi syariah yang antara lain memuat tentang kerja keras dan saling tolong menolong antarmanusia.

Kepala OJK NTB Rico Rinaldy mengatakan banyak penawaran menggiurkan untuk mendapat dana dengan mudah, hati-hati dan jangan mudah tergiur dengan hal tersebut, apalagi bila sudah menyangkut data pribadi. Jangan sampai data pribadi disalahgunakan orang lain. Sekarang ini, identitas diri, seperti KTP jangan sampai bocor ke orang lain.

Di kesempatan yang sama, Bambang Tri Santoso selaku ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan menyampaikan tugas Kemenkominfo, salah satunya adalah menyediakan infrastruktur internet.

Dengan kehadiran internet, masyarakat bisa memanfaatkan adanya hal tersebut untuk produktif ke hal-hal positif. 

"Sesudah infrastruktur terbangun, hal yang penting selanjutnya adalah memberikan literasi digital kepada masyarakat sehingga kita bisa memanfaatkan smartphone untuk hal-hal positif seperti berjualan online (menghasilkan uang) dan belajar mandiri secara online,” tutur Bambang dalam keterangannya, Rabu (19/4).

Kemenkominfo mengganggu sejumlah institusi melakukan sosialisasi literasi digital lewat safari Ramadan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News