Sosiolog: Pemindahan Ibu Kota Akan Berdampak Pada Pemerataan Pembangunan

Sosiolog: Pemindahan Ibu Kota Akan Berdampak Pada Pemerataan Pembangunan
Sosiolog dari Universitas Indonesia, Kastorius Sinaga. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sosiolog dari Universitas Indonesia, Kastorius Sinaga menilai keseriusan Presiden Jokowi untuk memindahkan Ibu kota negara ke Kalimantan semakin nyata. Ini tampak jelas pada pidato Kenegaraan Presiden Jokowi pada 16 Agustus 2019 yang dibacakan di sidang paripurna DPR kemarin.

"Pemindahan ibu kota ini akan menjadi entry point penting untuk pemerataan pembangunan nasional. Mendekatkan pusat pemerintahan ke wilayah miskin tertinggal adalah langkah strategis untuk pembanguanan wilayah tersebut,” kata Kastorius Sinaga di Jakarta, Sabtu (17/8).

Menurut Kastorius, rencana pemindahan ibu kota sepertinya tak ada kata mundur atau menunda rencana tersebut di periode kedua Pemerintahan Jokowi - Ma’ruf. Semua pihak menyambut positif keputusan politik ini. Karena memang sudah menjadi sebuah keharusan bila dilihat dari sisi geografis, keamanan nasional , dinamika pembangunan ke depan. Pemindahan ibu kota ini juga termasuk menjadi sebuah keharusan sejarah demi visi Indonesia unggul di masa depan.

Menurut Kastorius, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan, dengan sendirinya, akan menggeser paradigma pembangunan yang selama hampir satu abad terpusat pada “Jawasentrisme” (konsentrasi di Pulau Jawa) ke “Non-Jawasentrisme atau ke wilayah luar Jawa, khususnya Indonesia Bagian Timur (IBT) yang selama ini tertinggal dalam hampir semua aspek.

Pemindahan ini akan mengakhiri mitos “IBT Tertinggal “ dan sekaligus mengakselerasi pemerataan pembangunan untuk hadir dan semakin menjangkau wilayah marjinal dan periperial Indonesia.

“Ibarat pepatah “dimana ada gula di situ akan ada semut”, pemindahan ibu kota ke Kalimantan akan memberi efek domino perkembangan dan pemerataan di luar Jawa karena akan menyediakan aneka sumberdaya (infrastruktur, mesin birokrasi pusat, modal, investasi, serta teknologi) yang kesemuanya menjadi kekuatan “push-pull factor” (faktor pendorobg dan penarik pembangunan) di wilayah Indonesia bagian Timur,” katanya.

Menurutnya, semua tahu bahwa Kalimantan dan IBT sangat kaya dengan sumber daya alam ekstraktif namun sangat miskin dari sisi SDM dan kapasitas organisasi dan manajemen modern. Juga kita ketahui jejaring dinamika global Asia semakin pesat tumbuh di wilayah Pasifik yang sangat dekat dengan IBT.

Indonesia akan semakin dapat gesit memanfaatkan secara dampak dinamika regional ini bagi pembangunan nasional bila ibukota dipindahkan dengan konsep baru yang dinamis dan mendekat ke pusat-pusat pertumbuhan regional tersebut.

Pemindahan ibu kota ini akan menjadi entry point penting untuk pemerataan pembangunan nasional. Mendekatkan pusat pemerintahan ke wilayah miskin tertinggal adalah langkah strategis untuk pembanguanan wilayah tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News