SpaceShip Komersial Sukses Uji Coba

SpaceShip Komersial Sukses Uji Coba
WhiteKnightTwo
CALIFORNIA-Impian untuk bepergian ke luar angkasa dengan pesawat komersial makin mendekati kenyataan. Virgin Galactic, perusahaan milik pengusaha nyentrik asal Inggris, Richard Branson, kemarin sukses melaksanakan uji coba WhiteKnightTwo (WK2), pesawat yang bakal meluncurkan pesawat penumpang SpaceShipTwo (SS2) ke suborbit bumi.

Menurut keterangan yang dilansir DailyTech, WK2 lepas landas dari Mojave Air and Space Port di California pada pukul 08.17 waktu setempat. Setelah sejam terbang, pesawat mendarat di tempat yang sama satu jam kemudian. Yang menggembirakan, WK2 dalam uji terbang itu mampu mencapai ketinggian lebih daripada target sebelumnya.

Dalam uji coba tersebut, pesawat yang menggunakan empat mesin turbo Pratt and Whitney PW308A itu berhasil mencapai ketinggan 16 ribu kaki (sekitar 4.876 kilometer) atau 1.219 kilometer lebih tinggi daripada target yang ditetapkan sebelumnya. ”Pesawat terbang dengan sempurna. Ini batu loncatan yang besar untuk seluruh industri penerbangan,” kata Will Whitehorn, presiden Virgin Galactic.

Rencananya, WK2 membawa SS2 yang berisi dua pilot dan enam penumpang ke suborbit. Setelah itu WK2 melepaskan SS2 sehingga penumpangnya bisa merasakan keadaan hampa udara selama sedikitnya enam menit, lalu kembali ke bumi. Untuk merasakan sensasi tersebut, seorang penumpang dikenai tarif USD 200 ribu (sekitar Rp 2,1 miliar).

 

CALIFORNIA-Impian untuk bepergian ke luar angkasa dengan pesawat komersial makin mendekati kenyataan. Virgin Galactic, perusahaan milik pengusaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News