SPAM Umbulan Diklaim Bisa Menyuplai Air Bersih untuk 1,3 Juta Jiwa

SPAM Umbulan Diklaim Bisa Menyuplai Air Bersih untuk 1,3 Juta Jiwa
Tangkapan layar Presiden RI Joko Widodo memutar tuas katup air sebagai tanda diresmikannya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin. (Rangga)

jpnn.com, PASURUAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Umbulan yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Pasuruan Jawa Timur, Senin (22/3) lalu.

SPAM Umbulan salah satu proyek KPBU sektor air minum berskala regional yang diberikan penjaminan pemerintah melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, salah satu special mission vehicles (SMV) Kementerian Keuangan.

"Model pembangunan KPBU ini akan terus didorong tidak hanya di SPAM Umbulan saja, tetapi juga untuk proyek-proyek yang lain sehingga beban APBN ini makin berkurang dan nanti pengelolaannya justru swasta yang harus bergerak," kata Presiden Jokowi.

Dengan kapasitas sebesar 4000 liter/detik, penyaluran air bersih yang diolah dari mata air Umbulan itu akan disalurkan ke PDAM-PDAM di Kota Surabaya, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, dan PDAB Jawa Timur.

Presiden Jokowi menyebut pekerjaan besar ini masih belum berhenti. Sebab, air bersih itu harus disalurkan hingga ke rumah-rumah tangga, agar dampak pembangunan yang ada benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah melalui kementeriannya telah memberikan dukungan pada proyek SPAM Umbulan melalui fiscal tools yaitu Viability Gap Fund (VGF) atau dukungan kelayakan sebesar Rp 818 miliar.

"Fiscal tools tersebut ke depan diharapkan dapat terus membantu pemerintah pusat maupun daerah untuk dapat mendorong pembangunan infrastruktur melalui inovasi pembiayaan, yaitu KPBU.

"Sehingga, APBN dapat difokuskan untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi ini," ucap Sri Mulyani saat mendampingi Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meresmikan SPAM Umbulan di Jawa Timur yang mampu menyuplai air bersih bagi 1,3 juta jiwa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News