SPBU Dekat Bandara, Bahayakan Penerbangan

SPBU Dekat Bandara, Bahayakan Penerbangan
SPBU Dekat Bandara, Bahayakan Penerbangan
MELONGUANE – Tangki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) di dekat Bandar Udara Melonguane  berada di Kawasan Kemungkinan Bahaya Kecelakaan (KKBK). Ini dinyatakan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) kepada Kepala Bandar Udara Melonguane dalam surat nomor AU/9845/PBU.1882/IX/2011.

Surat yang diteken Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Bambang Tjahyono tersebut menyatakan, hasil evaluasi data menunjukkan rencana lokasi tangki APMS dengan jarak sekira 240 meter dari ujung landasan pacu berada. Jarak seperti itu masuk KKBK yang tidak memperkenankan adanya bangunan, kecuali bangunan yang diperuntukkan bagi keselamatan penerbangan.

Dirjen Perhubungan melalui surat tersebut meminta tangki APMS itu dibangun di daerah lain di luar KKBK, agar tidak membahayakan kegiatan operasional penerbangan, dan tidak berpotensi menambah tingkat fatalitas apabila terjadi kecelakaan penerbangan.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Drs Alex Tampoli MSi, melalui Sekretaris M Lalombombuida membenarkan lokasi APMS itu berada di KKBK sesuai surat Ditjen tersebut. "Hal itu sudah disampaikan Dirjen Perhubungan Udara dalam audiensi di Jakarta beberapa waktu lalu," aku Lalombombuida.(*)

MELONGUANE – Tangki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) di dekat Bandar Udara Melonguane  berada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News