JPNN.com

SPBU Siaga 24 Jam: Kehabisan Bensin, Tinggal Telepon

Selasa, 05 Juni 2018 – 04:59 WIB
SPBU Siaga 24 Jam: Kehabisan Bensin, Tinggal Telepon - JPNN.com

jpnn.com, SUMSEL - PT Pertamina memastikan menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan menyediakan jasa motoris, mobil tangki, hingga menyiagakan SPBU selama arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri.

General Manager PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel, Erwin Hiswanto, menjelaskan, pihaknya sudah memetakan dan memprediksi kebutuhan energi momen arus mudik-balik Lebaran 2018.

“Hasil analisa tren konsumsi, setiap tahun permintaan BBM, LPG, dan avtur di momen itu memang pesat,” ujarnya, Senin (3/6).

Diakuinya, konsumsi BBM jenis gasoline seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, dan Premium bisa meningkat hingga 19 persen dari konsumsi normal. “Prediksi tertinggi kenaikan BBM gasoline pada 9 Juni atau H-5 bisa mencapai 77 persen,” jelasnya.

Untuk BBM gasoil (diesel) seperti Pertamina Dex, Dexlite, dan Solar/Bio Solar diprediksi turun 11 persen dari konsumsi normal. “Karena 'kan saat arus mudik-balik, kendaraan berat dilarang melintas,” cetusnya.

Untuk mendukung kelancaran distribusi BBM itu, maka pasokan BBM akan ditambah. Sesuai prediksi kenaikan. “Seluruh terminal BBM (TBBM) di wilayah Sumbagsel juga akan stand by 24 jam,” cetusnya.

Di sana disiapkan tambahan mobil tanki (MT) untuk melayani masyarakat di luar penyaluran normal. “Kami sudah siapkan 5 unit mobil tanki berkapasitas 104 kiloliter (kl) di TBBM Kertapati. Lalu 2 unit mobil tanki berkapasitas 32 kl di TBBM Lubuk Linggau,” cetusnya.

Selanjutnya, menempatkan 5 kios Pertamax di jalur tol dan pelabuhan Bakauheni. Dex kemasan di jalur lintas utama, mobil tanki dispenser, kantong BBM (mobile storage), dan SPBU buffer stock.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi