Spektakuler, Candi Prambanan Menjadi Media Proyeksi Pertama di Dunia

Spektakuler, Candi Prambanan Menjadi Media Proyeksi Pertama di Dunia
ideo Mapping Candi Prambanan dengan Proyektor Epson. Foto for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Inilah acara spektakuler dari sebuah mahakarya memukau video mapping di Candi Prambanan dan Panggung Sendratari Ramayana, Jogjakarta yang dipersembahkan Epson Indonesia. 

Epson mengklaim bahwa video mapping dengan menggunakan candi sebagai media proyeksi merupakan yang pertama di dunia. 

"Ini pertunjukan yang memadukan inovasi teknologi projektor Epson terkini, seni pertunjukan dan sejarah yang tidak hanya menghibur tapi sarat akan nilai edukasi," kata Head of Marcomm & Public Relations Marketing Department Epson Indonesia, Nolly Dhanurendra dalam keterangan persnya kepada JPNN.com, Rabu (19/10). 

Pertunjukan video mapping Candi Prambanan dan Panggung Sendratari sendiri berlangsung pada Senin (10/10) pukul 18.30. Aksi Epson Indonesia berkolaborasi dengan Sembilan Matahari.

Salah satu tantangan dari pertunjukan ini adalah fasad candi yang tidak berwarna putih dan tidak memiliki warna yang seragam karena konstrusksinya dari batu alam. 

Lazimnya media proyeksi video mapping, objek seharusnya berwarna putih ataupun warna lain yang seragam. 

Namun tantangan itu mampu ditaklukkan. Epson Indonesia menggunakan 14 unit proyektor yang secara khusus diperuntukkan bagi proyeksi skala besar yaitu Proyektor 3LCD Laser EB-L1505Udengan tingkat kecerahan tertinggi 12000 ANSI lumens, Proyektor 3LCD EB-Z10000 dan EB-Z11000 dengan tingkat kecerahan tertinggi 11000 ANSI lumens.

Teknologi proyektor yang dihadirkan menghasilkan proyeksi gambar yang tajam serta warna cerah yang natural yang menjadi karakteristik teknologi proyektor Epson. 

JPNN.com JAKARTA - Inilah acara spektakuler dari sebuah mahakarya memukau video mapping di Candi Prambanan dan Panggung Sendratari Ramayana, Jogjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News