Spesimen Tertua Ditemukan dalam Getah Damar

Spesimen Tertua Ditemukan dalam Getah Damar
Spesimen Tertua Ditemukan dalam Getah Damar
KANADA - Tim ilmuwan internasional telah menemukan catatan tertua Arthropoda -hewan invertebrata termasuk serangga, arakhnida, krustasea yang terawetkan dalam getah damar. Spesimen tersebut terdiri dari satu serangga terbang dan dua tungau ditemukan dalam tetesan damar berskala milimeter di timur laut Italia.

Spesimen ini, berusia sekitar 100 juta tahun lebih tua daripada arthropoda lainnya dalam damar yang pernah dikumpulkan. Temuan kelompok, yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences tersebut, membuka jalan bagi pemahaman yang lebih baik mengenai evolusi dari kelompok yang paling beragam dari organisme di dunia.

"Getah damar adalah alat yang sangat berharga untuk ahli paleontologi karena mempertahankan spesimen dengan sangat baik secara mikroskopis. Sehingga memungkinkan perkiraan unik dan akurat dari jumlah perubahan evolusioner selama jutaan tahun," kata David Grimaldi, seorang kurator di the American Museum of Natural History"s Division of Invertebrate Zoology seperti dilansir phys.org.

Gumpalan resin fosil biasanya disebut amber dan memiliki rentang usia penanggalan karbon sekitar 340 juta  sampai sekitar 40 ribu tahun lalu. Getah ini  diproduksi oleh tanaman pakis  dan pohon-pohon yang memiliki bunga, tetapi terutama oleh tumbuhan runjung. Meskipun arthropoda berusia lebih dari 400 juta tahun, sampai sekarang rekor tertua dari hewan yang ditemukan dalam damar sekitar 130 juta tahun.

KANADA - Tim ilmuwan internasional telah menemukan catatan tertua Arthropoda -hewan invertebrata termasuk serangga, arakhnida, krustasea yang terawetkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News