SPIN: Erick Thohir Cawapres dari NU dengan Elektabilitas Tertinggi

SPIN: Erick Thohir Cawapres dari NU dengan Elektabilitas Tertinggi
Menteri BUMN Erick Thohir makin kuat diusung sebagai CawapresFoto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil temuan terbaru dari lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Erick Thohir bertengger di posisi pertama dalam bursa bacawapres dengan elektabilitas sebesar 18,2 persen.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara mengatakan elektabilitas Erick Thohir mengalami kenaikan dari hasil survei terakhir pada bulan Februari lalu.

Angka elektabilitas Erick Thohir mengalami kenaikan sebesar 1,1 persen dan dari posisi kedua naik menjadi pemuncak bursa bacawapres versi SPIN.

Sebelumnya elektabilitas bacawpres Erick Thohir berada di angka 17,1 persen dan berada di posisi kedua di belakang Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Kini, Erick berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 18,2 persen dan berada di atas Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono serta Ridwan Kamil yang tersungkur di posisi ketiga.

"Tren Erick Thohir menaik dilihat dari survei Februari 2023 lalu, demikian juga AHY. Sementara Ridwan Kamil menunjukkan tren menurun," ujar Igor saat memaparkan laporan hasil survei SPIN periode 27 April hingga 4 Mei 2023.

Sedangkan kader NU lainnya, yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Menkopolhukam Mahfud MD dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berada di belakang Erick Thohir pada bursa bacawapres.

Khofifah masuk dalam lima besar dengan elektabilitas sebesar 10,3 persen dan bersaing dengan Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas 10,5 persen.

Erick Thohir menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Nahdlatul Ulama (NU) dengan elektabilitas tertinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News