Sport Tourism Sukses, Pariwisata Pariaman Kian Dikenal

Sport Tourism Sukses, Pariwisata Pariaman Kian Dikenal
Foto: www.pariamantriathlon.com

jpnn.com, PARIAMAN - Ada yang berbeda di Pantai Kata, Pariaman, Sumatera Barat. Selama dua hari tepatnya pada 2-3 Desember, salah satu destinasi di Kota Pariaman ini dipadati lebih dari 5.000 wisatawan.

Penyebabnya adalah ajang sport toursim bertajuk Pariaman Triathlon 2017. Ajang yang untuk pertama kalinya digelar ini berlangsung sukses.

Ada 144 atlet yang juga datang dari sejumlah negara seperti Prancis, New Zealand, Hungaria, Jepang, Spanyol dan Portugal ini terlihat antusias mengikuti Pariaman Triathlon 2017. Mereka sangat menikmati berkompetisi di alam terbuka sambil menjelajahi keindahan yang ada di kota Pariaman.

“Karena memang inilah yang menjadi kelebihan dari ajang sport tourism. Para peserta tidak hanya berkompetisi, tapi mereka bisa sambil menikmati suguhan alam yang ada. Dan Pariaman punya suguhan alam yang tak kalah indah,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Elfis Chandra.

Dia menjelaskan, para peserta tidak hanya menikmati Pantai Kata, tapi juga diajak melewati berbagai keindahan lainya di Kota Pariaman. Seperti Pantai Gondoriah dan Pantai Cermin.

Pantai Gondoriah di pusat kota Pariaman dengan pemandangan pulau-pulau kecil di hadapannya. Setidaknya terdapat gugusan 6 pulau kecil yang terlihat bagaikan menghias cakrawala. Keenam pulau itu adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando.

Posisinya yang strategis, ditambah dengan konturnya yang landai serta pemandangan yang indah, membuat pantai ini selalu jadi buruan wisatawan. Pantai ini juga yang selalu menjadi penyelenggaraan puncak event budaya Tabuik. Selain itu, di pantai ini juga terdapat jalur kereta yang menghubungkan ke Kota Padang.

Elfis menambahkan, event itu tidak hanya berdampak pada destinasi yang ada, tapi juga memberikan efek langsung pada industri di Kota Pariaman. Para peserta yang didampingi tim ataupun keluarga membuat tingkat hunian hotel di Pariaman meningkat tajam.

Selama dua hari tepatnya pada 2-3 Desember, lebih dari 5.000 wisatawan memadati Pantai Kata yang juga salah satu destinasi wisata di Kota Pariaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News