Squid Game & Jokowi

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Squid Game & Jokowi
Boneka replika Squid Game disita di Kantor Satpol PP Kota Surabaya. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com - Dua tahun usia pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amien digambarkan sebagai Kabinet Squid Game oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Kritikan itu diunggah di Instagram dalam bentuk poster yang menggambarkan cosplay Jokowi dan Ma’ruf mengenakan atribut Squid Game yang sedang viral internasional.

Dalam posting itu, wajah para peserta Squid Game yang mengenakan kostum hijau diubah menjadi wajah Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

Kemudian di belakang Jokowi dan Ma'ruf Amin tampak deretan para pemain Squid Game yang mati dan tereleminasi.

Wajah para penjaga yang mengenakan seragam terusan dengan hoody menutup kepala berwarna merah diganti dengan wajah para menteri. Ada Erick Thohir, Sri Mulyani, Nadiem Makarim, Luhut Binsar, dan Sandiaga Uno.

Pada poster itu tertulis Rezim Kabinet Mundur, dan para menteri mendapatkan rapor merah dengan nilai rata-rata D dan E dengan bobot nol sampai satu.

Presiden Mahasiswa USU Rizki Fadillah mengatakan bahwa selama dua tahun masa kerja Kabinet Indonesia Maju yang terjadi bukan kemajuan , tetapi malah kemunduran.

Banyak persoalan belum ditangani. Di sektor pendidikan terjadi pembungkaman kebebasan bersuara dan politisasi jabatan akademik.

Pemerintahan Jokowi - Maruf Amien digambarkan sebagai Kabinet Squid Game. Seperti apa ya?