JPNN.com

Sri Mulyani Jangan Buru-buru Utang ke IMF dan World Bank, Lakukan Ini Saja!

Sabtu, 28 Maret 2020 – 10:26 WIB Sri Mulyani Jangan Buru-buru Utang ke IMF dan World Bank, Lakukan Ini Saja! - JPNN.com
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan memberikan sejumlah opsi agar rencana Menkeu Sri Mulyani meminjam uang ke International Monetary Fund (IMF) maupun World Bank untuk pendanaan penanganan virus corona (Covid-19), dibatalkan saja karena  membahayakan Indonesia.

Politikus yang beken disapa dengan panggilan Hergun tersebut mengatakan, saat ini Indonesia masih memasuki tahap awal krisis sehingga diperlukan kebijakan antisipasi.

Bukan justru buru-buru berutang ke World Bank maupun IMF yang menyiapkan dana talangan gede untuk menghadapi pandemi global tersebut.

Lantas apa solusi yang dia tawarkan anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu?

Sejatinya, kata Hergun, ada beberapa solusi sumber pendanaan dalam negeri yang bisa dimanfaatkan.

Antara lain dari Sisa Anggaran Tahun Lalu (SAL), akumulasi dari Sisa Anggaran Tahun Sebelumnya (SILPA) dan anggaran yang selama ini disishkan oleh pemerintah sebagai dana abadi (endowment fund) untuk keperluan cadangan yang diinvestasikan di Surat Utang Negara.

"Termasuk dana APBN yang ada BA99 yang selama ini dikelola oleh Menteri Keuangan Sebagai Bendahara Umum Negara," ucap Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPR RI ini, Jumat (27/3).

Bahkan kalau perlu pemerintah bisa meminjam sebagian dana simpanan milik LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yang mencapai lebih Rp150 triliun sebagai cadangan darurat oleh negara untuk keperluan mendadak.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...