Kamis, 13 Desember 2018 – 19:56 WIB

Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik di Asia Timur Pasifik

Minggu, 14 Oktober 2018 – 14:02 WIB
Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik di Asia Timur Pasifik - JPNN.COM

jpnn.com, BALI - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik di Asia Timur Pasifik 2018 versi majalah Global Markets.

Anugerah Finance Minister of the Year, East Asia Pacific ini diberikan atas kiprah Bu Ani, panggilannya, mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat menkeu untuk kedua kalinya.

Di laman Instagram-nya, Sri Mulyani menjelaskan panjang lebar terkait penghargaan yang dia terima, yang juga mengutip Global Markets.

Penghargaan ini diberikan di tengah pertemuan tahunan IMF-WBG Bali 2018. Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

Menurut Global Markets, Sri Mulyani telah mengatasi dua persoalan, yaitu pengumpulan pajak dan penyerapan anggaran pemerintah. Pengumpulan pajak tahun lalu (2017) mencapai 91 persen dari target, sebuah lompatan dari pencapaian 83 persen pada dua tahun sebelumnya.

Ini dibantu oleh kebijakan amnesti pajak yang membantu membawa kekayaan Indonesia di luar negeri kembali ke tanah air. Sementara belanja pemerintah tumbuh sangat cepat dalam tiga tahun sejak 2017, mencapai 21,1 persen dari PDB. Sedangkan serapan APBN meningkat dari 73 persen pada tahun 2016 menjadi 97 persen pada tahun 2017, level tertinggi dalam enam tahun.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar