Sri Mulyani Sebut Jokowi Setujui Pinjaman Asing untuk Menhan Rp 851 Triliun

Sri Mulyani Sebut Jokowi Setujui Pinjaman Asing untuk Menhan Rp 851 Triliun
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui pinjaman jumbo dari asing untuk Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dipimpin Prabowo Subianto.

Sri Mulyani mengatakan itu setelah pertemuan Prabowo dan Jokowi saat hari pertama kampanye di Istana Negara, Jakarta.

Dalam acara konferensi pers, Rabu (29/11) lalu, Sri Mulyani menyatakan hasil dari rapat tersebut adalah perizinan terkait belanja alutsista (alat utama sistem pertahanan) dari pinjaman luar negeri yang ditingkatkan secara signifikan.

Mantan direktur di Bank Dunia itu menyampaikan adanya keputusan tersebut dilihat dari langkah Kemenhan yang telah diberikan pemerintah dari APBN, tetapi masih tetap melakukan utang luar negeri dalam periode 2020-2024 dengan jumlah sekitar USD 25 miliar atau setara Rp 385 triliun.

“Terjadi kenaikan yang cukup signifikan dari USD20,75 miliar ke USD25 miliar. Itu yang kemarin disepakati,” ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyebutkan hal ini dilakukan berdasarkan pendapat dari Prabowo Subianto. Menurut dia, Prabowo merasa kebutuhan alutsista Indonesia saat ini masih belum cukup untuk menghadapi geopolitik dunia yang terjadi.

“Kemenhan menganggap kebutuhan sesuai kondisi alutsista dan kemudian ancaman serta peningkatan dinamika geopolitik dan geosecurity dan di sisi lain masih sesuai dengan rencana kami dari sisi perancanaan penganggaran jangka panjang,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga diketahui menyetujui tiga rencana lain dari Kemenhan yang membutuhkan pinjaman luar negeri dengan jumlah USD55 miliar. Sri Mulyani mengonfirmasi kalau kondisi tersebut akan berlaku selama tiga renstra.

Menkeu Sri Mulyani juga menyebutkan hal ini dilakukan berdasarkan pendapat dari Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News