Srikandi Ganjar Jabar Ajak Kaum Perempuan Belajar Angklung Bersama

Srikandi Ganjar Jabar Ajak Kaum Perempuan Belajar Angklung Bersama
Sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar kegiatan belajar alat musik angklung untuk para perempuan di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). Foto dok Srikandi Ganjar

jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar kegiatan belajar alat musik angklung untuk para perempuan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Setiap perempuan yang hadir difasilitasi satu buah angklung untuk belajar, serta dipandu instruktur angklung profesional.

Koordinator Srikandi Ganjar Jabar, Eva Yuliana mengatakan, belajar angklung ini sebagai upaya dalam memperkenalkan dan melestarikan alat musik tradisional yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia tersebut.

"Kami ingin milenial lebih mengenal musik lokal di Jabar, salah satunya angklung," ujar Eva di Kel. Cisaranten, Kec. Aecamanik, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (28/1).

Eva menjelaskan, para perempuan yang ikut dalam belajar angklung ini diberi penjelasan tentang angklung, seperti proses pembuatan angklung dan cara bermainnya.

Menurut Eva, ratusan perempuan yang sudah belajar angklung itu kemudian mengkolaborasikan suara angklung dengan musik arumba.

Arumba merupakan satu kelompok alat musik bambu khas Jawa Barat yang dimainkan secara bersamaan untuk menghasilkan sebuah pertunjukkan musik.

Dengan dipandu instruktur, peserta kemudian memainkan angklung dengan dipadukan musik arumba dalam balutan lagu-lagu yang dimainkan.

Srikandi Ganjar menggelar kegiatan belajar alat musik angklung untuk para perempuan di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News