Sriwijaya Air SJ 182 Pakai Boeing Tua, Kemenhub Langsung Gelar Inspeksi

Sriwijaya Air SJ 182 Pakai Boeing Tua, Kemenhub Langsung Gelar Inspeksi
Ilustrasi, Sriwijaya Air. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan inspeksi terhadap seluruh pesawat Boeing serial classic, yaitu Boeing 737-300/400/500 setelah adanya kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Inspeksi tersebut dimulai per 11 Januari 2021. Inspeksi itu akan berlangsung mengikuti instruksi yang tertera dalam surat bernomor KP.004/1/10/DKPPU-2021.

Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub akan menunjuk tim untuk melakukan pemeriksaan khusus terhadap pengoperasian seluruh pesawat Boeing 737 Classics tersebut.

“Ini preventif action kepada pesawat tipe yang sama Boeing 737 Classics yang ada di Indonesia dan hal ini biasanya dilakukan di negara-negara lain untuk tindakan pencegahan,” ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati.

Pemeriksaan tersebut, meliputi AD compliance, inspeksi rutin dan major inspection dengan aprroved maintenance, termasuk component replacement status (status penggantian komponen), CPCP, SSID, SIP, ELT inspection.

Kemudian monitoring repetitive defect (pengawasan kerusakan yang berulang), pelatihan pilot kaitannya dengan weather avoidance (pencegahan cuaca) dan upset recovery training, pilot proficiency check (pemeriksaan kecakapan pilot), crew duty time terkait dengan pengalaman terbaru hingga pemeriksaan implementasi surat edaran pada masa pandemi Covid-19 berkaitan dengan kesiapan kru dan operasional pesawat dan lainnya.

Dalam surat tersebut, diinstruksikan pula untuk seluruh operator Boeing 737 agar menyiapkan dokumen salinan untuk pemeriksaan yang berlangsung dengan cara kerja dari rumah, melalui surel, telepon, panggilan video, mempertimbangkan kondisi pandemi dan/atau onsite inspection.

Diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Boeing 737-500 merupakan salah satu Boeing seri Classics yang diproduksi pada 1994 atau berusia hampir 27 tahun. Dilansir dari Reuters, terdapat sedikitnya 77 pesawat seri serupa yang masih terbang di seluruh dunia, saat ini. (ant/Rtr/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kemenhub akan menunjuk tim untuk melakukan pemeriksaan khusus terhadap pengoperasian seluruh pesawat Boeing 737 Classics menyusul adanya kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News