Sst... Ada Bocoran Calon Gubernur Bank Indonesia, Kok Ada Sri Mulyani

Sst... Ada Bocoran Calon Gubernur Bank Indonesia, Kok Ada Sri Mulyani
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah nama Calon Gubernur Bank Indonesia (BI) sudah dikantongi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Presiden mengatakan kemungkinan nama itu akan diputuskan hari ini, Rabu (22/2).

"Nama-nama sudah masuk,” kata Jokowi setelah meninjau normalisasi Kali Ciliwung di Jakarta, Selasa (21/2).

Sejumlah nama calon gubernur bank sentral tersebut yang telah beredar di publik antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti, Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, dan petahana Perry Warjiyo.

Salah satu nama yang digadang-gadang bakal menduduki posisi nomor satu di Bank Indonesia adalah Sri Mulyani.

Namun, saat ditemui di lingkungan Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu, Sri Mulyani enggan berkomentar terkait kabar tersebut.

Di sisi lain, Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Said Abdullah mengatakan sebaiknya Presiden Jokowi hanya mengusulkan satu nama Calon Gubernur BI ke DPR guna mengurangi berbagai spekulasi dan manuver yang tidak perlu di tahun politik.

Dia pun mengatakan sebaiknya figur Gubernur BI yang ideal adalah yang memiliki chemistry dengan pemerintah, khususnya kementerian sektor perekonomian dan keuangan, serta otoritas lainnya seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sebab, BI berperan penting menjadi regulator sektor makroprudensial.

Sejumlah nama Calon Gubernur Bank Indonesia (BI) sudah dikantongi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News