Ssttt...Lihat Nih Foto-Foto Mbak Puti saat Safari di Kediri

Ssttt...Lihat Nih Foto-Foto Mbak Puti saat Safari di Kediri
Puti Guntur Soekarno saat menikmati keindahan alam di Kediri. Foto-foto: for JPNN.com

jpnn.com, KEDIRI - Kandidat Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno memanfaatkan safarinya ke Kediri, dengan menikmati keelokan alam di kaki Gunung Kelud. Puti bermalam di rumah warga di Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jumat (9/2). Cucu Bung Karno itu menjadi tamu di rumah Muhtar (50) dan Efendi (65).

Secara spontan, warga desa yang antusias menyambut Puti pun mengajak Mbak Puti diskusi soal pengembangan pariwisata di kawasan Gunung Kelud, yang berada di antara Kediri dan Blitar. Adapun Desa Sugih Waras adalah desa terakhir di kaki Gunung Kelud dari sisi Kediri.

Ssttt...Lihat Nih Foto-Foto Mbak Puti saat Safari di Kediri

Kepala Desa Sugih Waras, Sukemi, menyampaikan pentingnya pengembangan infrastruktur pariwisata di daerahnya agar tingkat kunjungan wisatawan semakin tinggi. Sehingga warga pun bisa diuntungkan. “Kami punya harapan agar Mbak Puti nantinya punya fokus menguatkan pariwisata Gunung Kelud,” kata Sukemi.

Ssttt...Lihat Nih Foto-Foto Mbak Puti saat Safari di Kediri

Puti Soekarno mengatakan, pariwisata menjadi salah satu fokus program dirinya bersama calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. “Kami berkeyakinan pariwisata menjadi jalan menyejahterakan masyarakat. Tapi ada syaratnya. Apa itu? Pariwisata yang dikembangkan harus berbasis masyarakat, society based tourism,” ujar Puti yang juga aktif sebagai dosen Kokushikan University, Jepang itu.

Pariwisata berbasis masyarakat, sambung Puti, menjadikan rakyat sebagai subjek pengembangan pariwisata. Semua program dijalankan semata-mata untuk masyarakat.

“Kelompok warga diberdayakan sehingga bisa mengelola potensi destinasi di sekitarnya menjadi lebih baik, dengan kemasan atraksi wisata keren yang diminati wisatawan sehingga memberi pemasukan ke warga. Rakyat diberdayakan, dilatih kelola homestay, dilatih bahasa asing, dilatih usaha kuliner, dan sebagainya,” kata Puti yang gemar mengunjungi destinasi wisata alam.

Puti Guntur Soekarno mengunjungi warga di Kediri, sekaligus menikmati keindahan alam di kawasan Gunung Kelud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News