Stabilkan Harga, DKI Gelar operasi Pasar

Stabilkan Harga, DKI Gelar operasi Pasar
Stabilkan Harga, DKI Gelar operasi Pasar
HARGA bahan kebutuhan pokok di kawasan DKI Jakarta saat ini terus mengalami fluktuasi paska kelangkaan cabe beberapa waktu lalu. Jika harga cabe sudah mulai turun, tidak demikian dengan bahan pokok lain. Seperti beras IR 42, beras Muncul, bawang merah, minyak goreng curah, ikan bandeng, kini mengalami kenaikan.   

“Dari pemantauan, harga bahan pokok memang mengalami naik turun. Penyebabnya naik turunnya permintaan,” Asisten Perekonomian dan Administrasi DKI Hasan Basri Saleh seperti dikutip Indo Pos (grup JPNN), Kamis (20/1).

Untuk mengendalikan harga bahan pokok agar permintaan dan pasokan bisa distabilkan, telah digelar operasi pasar di sejumlah wilayah. Pemantauan harga dan pasokan komoditi sebagai tindaklanjut dari keputusan Gubernur DKI Jakarta nomor 154 tahun 2002 tentang tim ketahanan pangan Provinsi DKI Jakarta.

Selain pemantauan harga dilakukan di pasar wilayah, pemantauan juga dilakukan di tempat penjualan grosir. Hampir semua jenis beras stabil kecuali jenis beras IR II dan IR III naik 0,70 persen dan 1,19 persen disebabkan adanya tekanan harga dari pedagang daerah produsen. Pasokan beras pada minggu kedua Januari 2011 jika dibandingkan dengan minggu lalu mengalami kenaikan dari 16.423 ton menjadi 20.935 ton atau naik 27,47 persen.

HARGA bahan kebutuhan pokok di kawasan DKI Jakarta saat ini terus mengalami fluktuasi paska kelangkaan cabe beberapa waktu lalu. Jika harga cabe

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News