Stafsus Presiden Jangan Jadikan Pandemi Corona Lahan Proyek!

Stafsus Presiden Jangan Jadikan Pandemi Corona Lahan Proyek!
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memperkenalkan Adamas Belva Syah Devara sebagai salah satu staf khususnya. Foto: Arsip JPNN.Com/M Fathra

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati meminta para pejabat negara termasuk para Staf Khusus (stafsus) Kepresidenan jangan menjadikan musibah pandemi virus corona (Covid-19) sebagai ajang mencari proyek.

Hal ini disampaikan Mufida merespons kritik publik terhadap keterlibatan Ruang Guru yang didirikan oleh Stafsus Presiden Adamas Belva Syah Devara, dalam program Kartu Prakerja yang pada 2020 ini dianggarkan pemerintah sebesar Rp20 triliun, naik 100 persen dibanding alokasi awal sebelum terjadi wabah corona.

"Di tengah situasi pandemi yang telah menimbulkan kerugian pada masyarakat rentan terdampak wabah, hendaknya pemerintah dan para stakeholder tidak menjadikan situasi ini sebagai lahan proyek. Banyak rakyat menangis karena sudah kesulitan dalam menyambung hidup sehari-hari," ucap Mufida melalui pesan WhatsApp, Kamis (16/4).

Politikus PKS itu menyatakan, inilah saatnya pemerintah dan para stakeholder hadir memberikan perlindungan dan jaminan kesejahteraan minimal kepada rakyat.

Dalam kondisi sekarang bukan saat yang tepat memanfaatkan kesempatan untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

"Pengelolaan kartu prakerja bukanlah proyek tetapi ini adalah amanah negara dan bangsa untuk membantu para pekerja korban ekonomi di masa pandemi C19 ini. Siapa pun pengelolanya, harus bertanggung jawab dunia akhirat dalam pengelolaan kartu ini secara transparan, adil dan merata," tegas wakil rakyat Dapil DKI Jakarta 1 ini.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak saling menjaga, melindungi dan menolong masyarakat terdampak Corona-19, bukan malah sebaliknya. Mufida juga berpesan agar dalam pengelolaan program kartu prakerja ini jangan ada pikiran memanfaatkan situasi ini untuk keuntungan dan kepentingan sekelompok orang saja.

"Jutaan pekerja terdampak pandemi sedang menanti-nanti manfaat kartu. Jangan berikan PHP kepada mereka yang sedang kesusahan. Semoga hati nurani masih menjadi hadir dalam pengelolaan kartu prakerja untuk yang berhak mendapatakannya," tandas Mufida.

Para Staf Khusus (stafsus) Kepresidenan diingatkan jangan menjadikan musibah pandemi virus corona (Covid-19) sebagai ajang mencari proyek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News