Status Gempa Lombok Disoal, Wiranto: Bantuan Sudah Banyak

Status Gempa Lombok Disoal, Wiranto: Bantuan Sudah Banyak
Wiranto. Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto berharap status bencana gempa di Lombok tak menjadi polemik.

Dia mengatakan bahwa pemerintah sudah mempertimbangkan masalah status tersebut secara untung ruginya bagi daerah. Akhirnya disimpulkan bahwa yang terpenting dampak bencana harus ditangani secara tuntas.

"Tapi sampai sekarang ini, kan Pak TGB (Gubernur NTB TGB Zainul Majdi-red) juga sampaikan, dengan status seperti ini, bantuan dari pusat sudah sangat luar biasa," ucap Wiranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/8).

Pemerintah daerah, menurutnya, juga mengetahui bagaimana pemerintah pusat mengerahkan sumber daya untuk segera menangani dampak bencana gempa Lombok, yang hingga kini masih berjalan.

"Bantuan pemerintah sudah sangat banyak dan diakui pemerintah di sana. Jangan dipolemikkan masalah ini," tukas mantan ketum Hanura ini.

Mantan Panglima ABRI ini juga menerangkan banyaknya persyaratan yang harus terpenuhi untuk menetapkan suatu status bencana nasional. Antara lain melihat besarnya kerugian bencana, pemerintahan daerah lumpuh dan lainnya.

"Dulu di Aceh, memang (bencana) nasional segera, karena pemda nyaris lumpuh, gedung ambruk, pejabat jadi korban, lumpuh. Tapi NTB, waktu saya di sana, kelumpuhan cuman sesaat," jelasnya.(fat/jpnn)


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto meminta bencana gempa yang terjadi di Lombok


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News