Wiranto Berharap Tak Ada Asap Sampai Asian Games Rampung

Wiranto Berharap Tak Ada Asap Sampai Asian Games Rampung
Tim Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK memadamkan titik api. Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto berharap kabut asap disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak terjadi sampai Asian Games 2018 selesai, terutama di Palembang.

Hal ini disampaikan Wiranto menyikapi mulai terjadinya karhutla di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat dalam beberapa hari terakhir. Dia menyatakan munculnya titik hot spot dipengaruhi musim kemarau.

"Memang, karena kemarau. Saya kemarin mengatakan, musim kemarau, sehingga kami sudah wanti-wanti kesiapan, penanggulangan prima betul. Dibandingkan tahun lalu, sekarang lebih kecil," katanya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/8).

Mantan Panglima ABRI itu menegaskan bahwa pemerintah dan jajaran sampai ke daerah melakukan segala upaya untuk meminimalisir terjadinya karhutla. Manggala Agni juga melakukan persiapan secara baik.

"Kemudian patroli terpadu, penyiapan pesawat terbang, bom air. Itu semua sudah lebih hebat, lebih kuat dibanding dulu. Itu sudah dilakukan. Kalau masih ada (karhutla), nanti kami habisi," tegasnya.

Khusus Palembang yang menjadi lokasi Asian Games 2018, Wiranto mengatakan sudah dilakukan penanganan cepat, termasuk merekayasa hujan.

"Percayalah kami menanggulangi dengan baik. Kemarin kan ada jaminan Palembang bebas asap selama Asian Games, kami sudah laksanakan. Sudah berhasil, mudah-mudahan tidak ada asap sampai selesai," harapnya.(fat/jpnn)


Pemerintah dan jajarannya sampai ke daerah melakukan segala upaya untuk meminimalisir terjadinya karhutla.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News