STIP Wuna Diusul jadi Universitas

STIP Wuna Diusul jadi Universitas
STIP Wuna Diusul jadi Universitas
RAHA - Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna, akan ditingkatkan statusnya menjadi Universitas. Rencana peningkatan satu-satunya sekolah tinggi di Raha, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara itu mulai dilakukan pembahasan di DPRD. Ketua Pengelola STIP Wuna, Muh Sifa, diundang oleh Komisi III DPRD Muna untuk membahas dan merencanakan peningkatan status STIP.

"Setiap tahun banyak siswa Muna setelah lulus Ujian Nasional, tidak diakomodir diperguruan tinggi di Sultra atau diluar Sultra. Tidak sedikit juga, yang tidak dapat melanjutkan studi, karena biaya kuliah yang mahal, "kata La Ode Koso, Ketua Komisi III DPRD Muna. Bila di Muna dibangun Universitas, lanjut Dia, orang tua siswa dapat terbantu dengan murahnya biaya pendidikan, dibanding melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi di luar Muna.

Sekretaris PAN Muna tersebut mengungkapkan, setiap bulan uang dari Muna yang keluar ke daerah lain (daerah yang memiliki perguruan tinggi red), untuk biaya kuliah mahasiswa puluhan miliar rupiah. Bila di Muna berdiri Universitas, secara otomatis akan mengurangi generasi muda dari Muna yang akan kuliah di daerah lain. Dampak secara ekonomi, uang-uang yang selama ini beredar di daerah lain bisa dikurangi dan bisa memacu pertumbuhan ekonomi di Muna. "Bila ada Universitas, dengan sendirinya akan hadir kos-kosan dan rumah makan, " sebutnya.   

Untuk peningkatan status STIP Wuna, lanjut La Ode Koso, tentu akan melibatkan Pemkab Muna. "Kita akan memanggil juga eksekutif untuk membahas bersama-sama, "terangnya.  Namun yang paling penting, STIP Wuna akan diselamatkan dulu agar tetap eksis. "STIP Wuna itu aset Pemkab dibidang Pendidikan," tukasnya.

RAHA - Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna, akan ditingkatkan statusnya menjadi Universitas. Rencana peningkatan satu-satunya sekolah tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News