Stok Gula Aman Hingga Februari

Stok Gula Aman Hingga Februari
Stok Gula Aman Hingga Februari
JAKARTA--Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengatakan, stok gula kristal putih (GKP) dipastikan aman hingga bulan Februari 2010 mendatang. Disebutkan, stok gula hingga akhir tahun 2009 lalu masih ada sekitar 400 ribu ton - 500 ribu ton, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama dua bulan. Ini dengan asumsi kebutuhan gula konsumsi dalam negeri sebanyak 200 ribu ton per bulan.

"Dipastikan akan cukup. Lagi pula pemerintah juga sudah mengizinkan untuk impor gula sebanyak 500 ribu ton yang akan sampai di pelabuhan Indonesia pada akhir bulan ini. Maka itu, kita lihat dulu perkembangannya, " terangnya di Jakarta, Senin (4/1).

Selain itu, dalam upaya mengantisipasi lonjakan harga gula di masyarakat, terang Mendag, pemerintah juga telah siap untuk segera menggelar pasar murah gula dalam waktu dekat. "Setelah semua langkah diambil, maka akan dilakukan evaluasi terhadap kebijakan yang dilaksanakan," imbuh Mendag.

Mendag menyebutkan, harga gula tertinggi hanya terjadi di kota Padang, yakni mencapai Rp 15 ribu per kilogram. Sedangkan untuk di kota-kota lainnya hanya berkisar Rp 9.000 - Rp 10 ribu per kilogram.

JAKARTA--Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengatakan, stok gula kristal putih (GKP) dipastikan aman hingga bulan Februari 2010 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News