Stok Menipis, Harga Beras Naik

Stok Menipis, Harga Beras Naik
Stok Menipis, Harga Beras Naik
PURWOKERTO-Harga beras di pasaran dipastikan naik pada Desember-Januari mendatang. Bahkan, kenaikan akan terbilang lumayan tinggi. Hal itu dikarenakan, stok beras ditingkatan petani pada bulan Desember Januari menipis bahkan bisa dimungkinkan habis.

"Harga beras pada bulan Desember-Januari akan tinggi. Sebab, pada saat itu, petani sudah tidak memiliki stok, kalau adapun hanya sedikit," ucap Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan Dipertanhutbun Kabupaten Banyumas Ir Widarso saat ditemui Radarmas (Grup JPNN), Rabu (7/11)         

Dikatakan dia, melambungnya harga beras pada Desmber Januari disebabkan karena posisi panen terakhir di Banyumas rata-ratanya pada bulan Juli-Agustus lalu. Sehingga, rentang waktu yang terlalu jauh sampai pada Desember-Januari, akan membuat stok hasil panen sudah menipis, bahkan habis. Ditambah lagi, rata-rata petani di kabupaten Banyumas hanya petani penggarap yang memiliki rata-rata luasan lahan berkisar pada angka 0,25-0,5 hektar.

"Kondisi petani di Banyumas dengan luasan rata-rata lahan 0,25-0,5 membuat hasil panenan hanya dikonsumsi sendiri. Otomatis, pada bulan Desember Januari bisa habis. Akibatnya, ya harga beras menjadi naik," ungkap dia.

PURWOKERTO-Harga beras di pasaran dipastikan naik pada Desember-Januari mendatang. Bahkan, kenaikan akan terbilang lumayan tinggi. Hal itu dikarenakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News