JPNN.com

Stok Pangan Jateng Aman Selama Pandemi Corona, Pak Ganjar sudah Punya 3 Skenario

Selasa, 05 Mei 2020 – 15:19 WIB
Stok Pangan Jateng Aman Selama Pandemi Corona, Pak Ganjar sudah Punya 3 Skenario - JPNN.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan persediaan dan ketahanan pangan Jateng aman selama pandemi covid-19.

Menurut Ganjar, dari semua kebutuhan pokok, hanya gula dan bawang putih yang stoknya sempat menipis.

Kini persoalan gula dan bawang putih sudah bisa diselesaikan dengan masuknya komoditi impor oleh pemerintah pusat ditambah adanya stok dari hasil petani di wilayah Temanggung.

"Sekarang sudah aman, bawang putih impor sudah masuk, ada 6000 ton bawang putih milik petani di Temanggung tidak terbeli karena tidak bisa bersaing. Kami dari Pemprov dan Pemkab Temanggung sudah membuat gerakan membeli dan sekarang sudah teratasi," kata Ganjar saat ditemui di rumah dinasnya, Selasa (5/5). 

Secara keseluruhan, lanjut dia, stok pangan di Jateng masih sangat aman. Bahkan meski di tengah pandemi yang membuat masyarakat terdampak serta bertambahnya penduduk akibat masuknya pemudik, stok pangan masih relatif aman.

"Kami sudah menyiapkan skenario dan mekanismenya, termasuk memenuhi seandainya yang masuk ke Jateng lebih banyak. Entah mereka yang lolos dari PSBB dan masuk ke Jateng atau masyarakat yang kena PHK dan terdampak COVID-19. Kami semua sudah menyiapkan," tambah Ganjar.

Setidaknya, lanjut Ganjar, pihaknya memiliki tiga skenario untuk mengamankan stok pangan Jateng di tengah pandemi.

Ketiga skenario itu dihitung dengan jumlah penduduk, penambahan pemudik dan kemampuan ketahanan pangan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia