Stok Vaksin Rabies Aman

Antisipasi Libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2010 di Bali

Stok Vaksin Rabies Aman
Stok Vaksin Rabies Aman
DENPASAR - Pengalaman kekosongan stok vaksin anti rabies atau VAR di saat libur panjang Galungan dan Kuningan, serta hari raya Idul Fitri beberapa bulan yang lalu benar-benar membuat Dinas Kesehatan Bali lebih waspada. Lembaga yang bermarkas di Jalan Melati, Denpasar, itu pun kini mulai menyiapkan stok VAR terkait libur panjang Natal dan tahun baru (Nataru) nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Bali, dr. Nyoman Sutedja, MPH. saat dikonfirmasi Kamis (24/12) kemarin mengatakan pihaknya telah menyediakan 3.650 ampul VAR untuk persediaan di seluruh Bali. Daerah yang paling banyak mendapatkan gelontoran VAR adalah daerah-daerah yang tergolong rawan penyebaran virus rabies.

"Sejak minggu ini sudah mulai kami drop ke daerah-daerah. Tabanan dan Buleleng kami drop seribu ampul VAR. Sedangkan Gianyar dan RS Sanglah kami berikan 500 ampul. Daerah-daerah lainnya kami bagikan rata sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Di dinas sendiri kami sudah siapkan 200 ampul untuk berjaga-jaga," jelas Sutedja.

Lebih lanjut Sutedja mengatakan, jumlah tersebut diharapkan mampu menangani kasus gigitan anjing kepada manusia hingga awal bulan Januari mendatang. Dengan catatan, kasus gigitan baru tidak mengalami lonjakan tajam.

DENPASAR - Pengalaman kekosongan stok vaksin anti rabies atau VAR di saat libur panjang Galungan dan Kuningan, serta hari raya Idul Fitri beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News