Stres Berlebihan Sebabkan Radang

Stres Berlebihan Sebabkan Radang
Stres Berlebihan Sebabkan Radang
BERDASARKAN hasil penelitian terbaru, stres yang berlebihan bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh. Studi ini pertama kali dilakukan untuk langsung mengukur efek dalam tubuh, saat seseorang mengalami tekanan pikiran yang berlebihan.

Peggy Zoccola, asisten profesor psikologi di Ohio University di Amerika Serikat, dilansir dari laman maily, Sabtu (16/3), mengatakan bahwa stres kerja atau memikirkan masa lalu, mempengaruhi kesehatan tubuh secara signifikan."Korelasinya cukup besar," kata Zoccola.

Tim peneliti telah merekrut 34 wanita muda, untuk membuktikan tesis mereka. Setiap wanita diminta menyampaikan presentasi pekerjaan mereka. Setengah dari kelompok itu, ditunjuk untuk menyampaikan presentasi di depan umum dan setengahnya lagi diminta untuk menyampaikan sambil bersantai dengan kegiatan yang menyenangkan.

Hasil penelitian menunjukan, bahwa anggota kelompok yang diminta menyampaikan presentasi di depan umum, mengalami c-reaktif protein yang tinggi. Ini menunjukan mereka sedang mengalami stres. Sedangkan hal sebaliknya, terjadi pada kelompok lainnya.

BERDASARKAN hasil penelitian terbaru, stres yang berlebihan bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh. Studi ini pertama kali dilakukan untuk langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News