JPNN.com

Stres Bisa Menurunkan Kualitas Kesehatan Mata?

Selasa, 26 Juni 2018 – 04:41 WIB Stres Bisa Menurunkan Kualitas Kesehatan Mata? - JPNN.com

jpnn.com - Minerva Studio/Shutterstock

Jangan pernah meremehkan kesehatan mental Anda, khususnya saat dilanda stres. Kondisi tersebut sebetulnya bisa memicu berbagai macam penyakit yang sangat merugikan, terutama berkaitan dengan kesehatan mata.

Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat mengalami tekanan atas kegagalan dalam memenuhi keinginan pribadi. Tekanan tersebut bisa berasal dari dalam diri atau faktor eksternal.

“Stres yang tidak ditangani dengan baik bisa mengurangi semangat bekerja, dan membuat seseorang menunda atau bahkan menghindari kegiatan yang menjadi kewajibannya. Akibatnya, terjadilah stres berkepanjangan,” ujar dr. Vito A. Damaydari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Vito menjelaskan bahwa stres yang dibiarkan secara berkepanjangan dapat berujung pada depresi. Kondisi ini nantinya bisa memicu gangguan mental yang berdampak lebih buruk dan sangat merugikan.

Jauh di luar kondisi mental, stres bisa berdampak langsung pada kondisi tubuh. Baru-baru ini, sebuah penelitian membeberkan bahwa stres juga bisa menurunkan kualitas kesehatan mata.

Penelitian membuktikan

Dilansir dari Newsweek, kadar hormon kortisol sebagai hormon stres yang naik akibat depresi berisiko mengganggu dan memperburuk penglihatan. Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal European Association for Predictive, Preventive, and Personalized Medicine.

Sumber Klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...