Suara PKS Meningkat di Pemilu 2024, Jazuli Juwaini Bilang Begini

Suara PKS Meningkat di Pemilu 2024, Jazuli Juwaini Bilang Begini
Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi salah satu partai yang lulus ke Senayan setelah memperoleh 8,4 persen atau 12.781.353 suara nasional di Pemilu 2024.

Perolehan suara PKS pada Pemilu 2024 ini meningkat dibanding Pemilu 2019 yang tercatat 11.493.663 atau 8,21 persen.

PKS pun berhasil menduduki posisi keenam pada Pemilu 2024 ini, dari sebelumnya posisi ketujuh di Pemilu 2019 lalu.

"Alhamdulillah, kami bersyukur atas kenaikan suara PKS pada Pemilu 2024 ini dengan 12.781.353 pemilih (8,42 persen) dan insyaallah memperoleh 53 kursi DPR. Tentu ini merupakan amanah dan kepercayaan dari rakyat," kata Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, Jumat (22/3).

Jazuli mengatakan salah satu yang membuat angka tersebut naik adalah strategi penempatan para caleg. Menurut dia, terdapat wajah baru, muda, dan segar dalam daftar caleg PKS.

"Syukur alhamdulillah di antara 53 caleg terpilih, ada lebih dari 10 orang yang mewakil milenial bahkan Gen-Z. Yang membuat kami bangga dan surprise, anak-anak muda ini bukan hanya menang di dapilnya, tetapi suaranya tinggi-tinggi, seperti Habib Idrus di Banten III, dr. Gamal di Malang Raya, Kholid di Jabar VI, Meitri di Jatim VIII," katanya.

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan peningkatan suara dan kursi PKS sudah diprediksi dan diproyeksi sejak awal, meskipun tidak sebesar kalkulasi awal.

"Ada banyak faktor peningkatan kursi PKS, tetapi utamanya PKS mengandalkan disiplin dan soliditas kader, struktur, sukarelawan dan saksi PKS dalam kerja-kerja pemenangan sebagai leverage atau keunggulan kompetitif PKS selama ini," katanya.

Suara PKS meningkat di Pemilu 2024. Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menegaskan ini amanah dan kepercayaan dari rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News