Substansi Pancasila Adalah Senasib Sepenanggungan

Substansi Pancasila Adalah Senasib Sepenanggungan
Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam pembukaan Simposium Ekonomi MPR bertema Sistem Pembangunan Nasional untuk Kesejahteraan Sosial di Gedung Nusantara V MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/7). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan bahwa memahami Pancasila penting untuk membangun perasaan senasib sepenanggungan. Menurut dia, memahami Pancasila bukan untuk membeda-bedakan.

"Jangan lagi berdebat soal suku, agama, dan hal hal yang sudah selesai 71 tahun lalu. Jangan gunakan Pancasila untuk membeda bedakan," ujarnya saat membuka Simposium Ekonomi MPR bertema Sistem Pembangunan Nasional untuk Kesejahteraan Sosial di Gedung Nusantara V MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/7)

Zulkifli menambahkan, akan jauh lebih baik mendiskusikan substansi Pancasila. Yakni tentang cara mewujudkan kesejahteraan untuk semua dan bukan hanya bagi orang per orang.

"Mari melampaui perbedaan itu dengan bicara implementasi Pancasila untuk kesejahteraan. Itulah substansi Pancasila yang sampai sekarang belum terwujud," tegasnya.

Selain itu Zulkifli juga mengatakan, ketika masyarakay ribut berdebat soal suku dan agama, maka sumber daya dan kekayaan alam justru dikuasai asing. “Faktanya kita sibuk berpecah belah tapi gagal kekayaan alam dijarah, sumber daya alam dikuasai asing dan anak negeri tak dapat apa apa," ucapnya.

Karena itu Zulkifli mengharapkan hasil Simposium Pancasila bisa digunakan pemerintah untuk membenahi struktur ekonomi Indonesia agar berkeadilan, merata dan senasib sepenanggungan. "Semoga ada jalan baru ekonomi nasional yang lebih berkeadilan dan memastikan sumber daya alam digunakan sepenuhnya untuk rakyat," pungkasnya.(adv/jpnn)


Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan bahwa memahami Pancasila penting untuk membangun perasaan senasib sepenanggungan. Menurut dia, memahami Pancasila


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News